UM Jambi bersama BRG dan MLH PP Muhammadiyah Melaksanakan Sekolah Lapang Jamaah Tani Muhammadiyah

Universitas Muhammadiyah Jambi bersama Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Badan Restorasi Gambut Indonesia berkolaborasi dalam melaksanakan Sekolah Lapang Jamaah Tani Muhammadiyah (Jatam) Peduli Gambut (Pengelolaan Lahan Tanpa Bakar) Provinsi Jambi.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Parit Culum II, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur mulai dari tanggal 20 sampai dengan 22 November 2020 dengan tajuk “Pulihkan Gambut, Pulihkan Kemanusiaan.”

Ada 3 desa binaan yang diikutsertakan, yaitu Desa Tempas Jaya (Tanjung Jabung Barat), Desa Petanang (Muara Jambi), dan Desa Sungai Tawar (Tanjung Jabung Timur) dengan total 30 orang peserta.

Rektor Universitas Muhammadiyah Jambi turut menyampaikan pidatonya di pembukaan acara, beliau menyampaikan harapan agar dengan adanya kegiatan ini, silaturahmi kampus dengan desa-desa terkait dapat semakin baik.

Dalam kegiatan ini, Bapak Arman selaku Sekretaris PWM menyampaikan dukungannya atas kegiatan ini, “semoga dengan (kegiatan) ini, dapat mengubah bencana pembakaran gambut yang kerap terjadi menjadi pengingat bagi kita semua untuk turut dan terus menjaga lingkungan.”

Restorasi sendiri adalah pemulihan lingkungan hidup, di mana Muhammadiyah memiliki program yang sama dan satu visi dengan Badan Restorasi Gambut maka kedua pihak setuju untuk melakukan kolaborasi dan MoU demi perbaikan lingkungan hidup. Acara pembukaan diakhiri dengan pembacaan deklarasi bersama Sekolah Lapang Jatam Peduli Gambut yang dipimpin oleh Sekretaris PWM Jambi.

Hari kedua dibuka langsung oleh pemateri dari Inagri, Bapak Samsul. Beliau memberikan pelatihan mengenai unsur-unsur tanah dan pembuatan pupuk serta arang sekam guna meningkatkan kualitas tanah, di akhir beliau menerangkan tentang pengelolaan lahan tanpa bakar dan mengajak peserta melihat demplot atau lahan percobaan yang ada di desa Parit Culum II.

Dosen Prodi Kehutanan dan Ketua Pusat Kajian UM Jambi turut mendampingi para peserta selama kegiatan, diharapkan dengan partisipasi UM Jambi dapat menjadi perpanjangan tangan BRG dan MLH PP Muhammadiyah untuk terus membimbing dan memonitoring ketiga desa binaan.

Leave a Reply