Undang Pemateri Internasional, UM Jambi Gelar Seminar Internasional

Dalam rangka membekali mahasiswa dengan ilmu pengetahuan dalam bidang financial di era globalisasi, Universitas Muhammadiyah Jambi menggelar Seminar Internasional. Hadir sebagai pemateri adalah seorang dosen berkapasitas internasional dan pakar dalam bidangnya, beliau adalah Dr. Sanju Kumar Singh, BBS., M.SM., Postdoc. Dosen yang berasal dari Thribuvan University Kathmadu, Nepal, Merupakan dosen muda yang pada usianya yang ke 33 tahun sudah menjadi kandidat Profesor.

Acara yang berlangsung pada hari rabu 17 November 2021 di Audiotorium UM Jambi. Rangkaian acara kegiatan dibuka langsung oleh rektor UM Jambi. Dr. Nurdin dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh UM Jambi dengan tujuan mewujudkan Visi UM Jambi menjadi Research and entrepreneur University berlandaskan nilai-nilai islam dan kemuhammadiyahan. Visi besar UM Jambi mustahil terwujud tanpa dibarengi dengan kemampuan mahasiswa yang memiliki pemahaman keilmuan yang luas. Pemahaman keilmuan yang luas harus dimulai dari proses pembelajaran, tidak hanya didalam kelas, tapi juga melalui seminar-seminar seperti yang saat ini dilakukan. Seminar Nasional ini sebagai salah satu komponen transformasi ilmu pengetahuan kepada mahasiswa agar mahasiswa dapat perpikir secara Independen dan komprehensif. Transformasi Ilmu pengetahuan yang berhasil akan tercermin dari pola pemikirian mahasiswa yangmana dikemudian hari pola pikir itu dapat membentuk mahasiswa yang mampu menjadi penggerak perubahan zaman kearah yang lebihbaik.

Setelah dibuka dengan sambutan Rektor UM Jambi, Dr. Sanju Kumar Singh, BBS., M.SM., Postdoc memaparkan pemabahasan mengenai “Inovative Financial Performance on Society 5.0”. perkembangan teknologi telah membawa perubahan pada banyak sektor, tak terkecuali sektor Financial. Masyarakat 5.0 adalah suatu konsep masyarakat yang berpusat pada manusia (human-centered) dan berbasis teknologi (technology based). Masyarakat 5.0 lahir dari Industri 4.0 yang berpotensi mendegradasi peran manusia. Oleh karena itu peran manusia harus dikembalikan kepada posisinya tetapi dengan tidak melupakan teknologi sebagai basisnya. Perubahan ini juga berpengaruh terhadap sektor Financial. Sektor Financial menjadi sangat krusial dengan perubahan itu, maka harus ada strategi dalam menghadapi perubahan tersebut.