Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Kunjungi UM Jambi beri Kuliah Umum

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) dan Kuliah Umum di Universitas Muhammadiyah (UM) Jambi. Kedatangan mantan Rektor UMM tersebut didampingi oleh Anggota DPR RI Dr. Ir. H.A.R Sutan Adil Hendra, Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos. M.H dan disambut langsung oleh Rektor UM Jambi, Dr Nurdin, S.E, M.E. beserta Civitas Akademika dan BPH UM Jambi. Acara yang berlangsung di UM Jambi pada hari sabtu 27 November 2021, rombongan Menko langsung disambut dengan atraksi seni bela diri dari Tapak Suci Putra Muhammadiyah di pelataran UM Jambi yang disertai alunan pantun khas kebudayaan Jambi. acara dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Menko PMK dan Gubernur Jambi.

Kuliah umum yang berlangsung di Auditorium UM Jambi dilaksanakan dengan prokes yang sangat ketat, tamu undangan dan panitia diwajibkan melakukan uji swab, dan alhamdulillah hasilnya negatif semua. Sebagai pembukaan acara kuliah umum, Dr. Nurdin memberikan sambutan. Dalam sambutannya rektor UM Jambi secara pribadi dan lembaga menyampaikan rasa terimakasih yang sangat besar atas kehadiran Menko PMK karena telah bersedia meluangkan waktu untuk memberi kuliah umum di UM Jambi. UM Jambi saat in telah memiliki dua fakultas dan lima prodi yang saat ini memiliki 2.700 mahasiswa. Saat ini UM Jambi sedang berupaya membangun fasilitas pendidikan, yaitu Rusunawa dikampus dua, yang mana program itu merupakan hibag dan Kementrian PUPR. Mohon dukungan pak menteri dan gubernur baik doa maupun fasilitas untuk ikut serta membesarkan UM Jambi.

Dalam kuliah Umum yang bertema ” Formulasi Pendidikan Tinggi Menuju Indonesia Emas Tahun 2045, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P menyambut sambutan rektor UM Jambi “Saya merasa senang dapat berkunjung dengan seluruh civitas akademika UM Jambi. Selamat UM Jambi telah menjadi Universitas yang sebelumnya dari STIE. Mohon kepada pak gubernur Jambi untuk mendukung perkembangan UM Jambi. Dalam pendirian Universitas tidaklah mudah, butuh banyak syarat yang harus dipenuhi, mulai dari Jenis jurusan hingga financial, UM Jambi harus bersyukur dapat memenuhi syarat-syarat tersebut. Kedepannya bila ingin membangun jurusan maka harus dihitung betul, jangan asal membuka Prodi, tapi harus bertanggung jawab, setelah lulus mahasiswa akan kerja dimana Indonesia mengalami bonus demografi, maka dari itu harus dimaksimal dengan investasi pendidikan. Jangan sampai bonus demografi tidak melahirkan angkatan kerja yang berkerja, karena angkatan kerja yang tidak bekerja akan sangat membebani Negara. Untuk itu pemerintah melalui beberapa kebijakan berusaha melahirkan lapangan pekerjaan bagi angkatan kerja yang belum bekerja”

Setelah Kuliah Umum, Rombongan Menko PMK memberikan Bantuan masker kepada UM Jambi.