IBT LPPM UM JAMBI GELAR BUSINESS MATCHING AND EXPO

Inkubator Bisnis dan Teknologi LPPM UM Jambi menggelar Business Matching poduk unggulan keluarga penerima manfaat PKH. Acara yang berlangsung pada tanggal 21 Desember 2021 bertempat di Grand Hotel Jambi dihadiri oleh Dinas Sosial kota Jambi, Rektor UM Jambi, dan tamu undangan lainnya.

Kepala IBT LPPM UM Jambi, Agesha Marsyaf menyampaikan bahwa “Inkubator bisnis LPPM UM Jambi bekerjasama dengan kementrian RI melaksanakan acara Business Matcing Dan Expo produk unggulan Keluarga Penerima Manfaat yang di laksanakan di grand hotel, Tujuan dilaksanakan nya acara tersebut untuk sebuah pertemuan bisnis yang terjadwal antara pelaku bisnis dengan calon mitra supplier, calon mitra distribusi, calon mitra pendanaan termasuk calon mitra investor. Pertemuan ini bersifat B2B dan terjadi antara dua pihak dengan latar belakang industri bisnis yang match atau sama. Alhamdulillah terjadi kesepakatan antara beberapa UKM KPM PKH dan para investor untuk memajukan usaha yang dari bisnis tersebut”

Rektor UM Jambi dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi atas kegiatan ini, saya berharap kegiatan ini tidak berhenti disini, tetapi harus terus berkelanjutan. Ini adalah salah satu ikhtiar UM Jambi untuk selalu menjadi problem solver dimasyarakat. UM Jambi patut berbangga karena telah dipercaya oleh Kementrian Sosial RI Untuk melaksanakan program ini. UM Jambi menjadi satu – satunnya Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang dipercaya oleh kementrian sosial RI dalam mendampingi PROKUS PKH 2021.

Dinas Sosial kota Jambi dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada UM Jambi yang selama ini telah menjadi mitra strategis dalam pendampingan Program Kewirausahaan Sosial PKH Kementrian Sosial RI,Program yang diikuti oleh 350 KPM PKH Kota Jambi yang memiliki UMKM di wilayah kecamatan Dalam kota Jambi seperti kuliner dan kerajinan, tujuan dari kegiatan ini adalah menggali dan mengaktualisasikan potensi usaha KPM PKH agar memiliki penghasilan yang berkelanjutan.

“Saya sangat berterimakasih kepada UM Jambi karena telah mendampingi usaha kami, sebelum Program ini saya tidak paham mengenai cara mengemas produk, mencatat keuangan dan memasarkan produk kami. Alhamdulillah karena progam ini, sekarang saya sudah mengemas produk jualan kami menjadi lebih menarik untuk dijual” ungkap salah satu peserta Prokus KPM PKH Kota Jambi.

Pendampingan UM Jambi kepada UMKM yang dimiliki oleh KPM PKH ini termasuk kedalam golongan Ultramikro, yaitu UMKM yang berada pada level terbawah. Pendampingan yang telah dilakukan oleh UM Jambi diantaranya adalah terkait, Produk, Packing Produk, tatakelola Keuangan usaha, Perizinan hingga pada tahap pemasaran. Selama tiga bulan UM Jambi mendampingi Prokus KPM PKH berhasil membina dan mengasilkan 45 jenis produk. Kedepannya UM Jambi akan berusaha mendampingi dan mengusahakan agar produk – produk tersebut tersertifikasi halal dari MUI.