PEDULI KEMANUSIAAN, IMM UM JAMBI LAKUKAN PENGGALANGAN DANA

Tingginya curah hujan yang mengguyur kabupaten Muara Bungo propinsi Jambi, akibatnya 12 kecamatan terendam banjir setinggi 50 cm sampai dengan 2 meter. Setidaknya ada 4.988 KK / 19.292 warga terdampak oleh banjir tersebut. hal inilah yang mendorong Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah PK UM Jambi bersama LAZISMU kota Jambi menggelar acara penggalangan dana. Penggalangan dana yang dilaksanakan selama tiga kali, di mulai pada tanggal 13,14 dan 18 Januari 2022 disekitaran simpang empat BI dan di pimpin langsung oleh ketua IMM PK UM Jambi.

Kegiatan penggalangan dana ini merupakan bentuk aktualisasi dari teologi Al Ma’un yang telah diajarkan oleh KH. Ahmad Dahlan. Teologi Al Ma’un mengajarkan kepada manusia untuk tidak memandang ibadah hanya dengan sholat saja, tetapi kepedulian terhadap penderitaan kepada sesama manusia juga merupakan ibadah yang harus dilakukan oleh manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

Hal ini sejalan dengan apa yang dirumuskan dalam tri kompetensi dasar kader IMM, yaitu Humanitas. Humanitas merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari dua kompetensi dasar lainnya, yaitu Religiusitas dan Intelektualitas. Tiga kompetensi dasar ini yang harus dimiliki oleh kader kader IMM. Untuk itu IMM akan selalu hadir dalam ruang ruang intelektual, religius dan humanitas.

Diharapkan dengan penggalangan dana yang dilakukan oleh IMM UM Jambi dapat meringakan beban masyarakat yang terdampak banjir, dan dapat menjadi ruang untuk mengasah kepekaan dan empati terhadap persoalan yang sedang dihadapi masyarakat.