HADAPI TANTANGAN DIGITALISASI, UM JAMBI GELAR FOCUS GROUP DISCUSSION DIGITAL MARKETING

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jambi menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion dengan Tema “Universitas Muhammadiyah Jambi menuju Center of Digital Marketing Entrepreneurship”. Pemaparan FGD ini  disampaikan oleh Bapak Andi Riza Syafarani, beliau adalah Assesor di Bidang Digital Marketing juga merupakan Direktur utama di PT. Jawara Data Nusantara dan seorang Trainer di Digital Entrepreneurship Academy Program BPSDMP Kominfo serta Asisten Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika, Jakarta. Pemaparan FGD selanjutnya disampaikan oleh Bapak Hambali Furnawan merupakan Dosen di UNH Jambi dan Litbang PT. Ojenita Karya Eradigital. Peserta FGD Digital Marketing UM Jambi terdiri dari Pimpinan dan Dosen Universitas Muhammadiyah Jambi, Forkomawa Provinsi Jambi,Stakeholders serta Mitra UMKM Binaan UM Jambi. Dekan FEB UM Jambi, Hasan Basri, SE, M.Si menjelaskan bahwa FGD Digital Marketing ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemahaman, mengumpulkan pendapat serta ide peserta mengenai Digital Marketing, sebagaimana diketahui bersama Digital Marketing sangat trend di Indonesia namun untuk Wilayah Jambi sendiri baru UM Jambi yamg menyelenggarakan Pelatihan dan Assesment Digital Marketing, dengan kata lain UM Jambi merupakan Perguruan Tinggi yang Mempelopori Digital Marketing di Provinsi Jambi. Output dari hasil FGD ini adalah dirumuskan nya rancangan Digital Corner yang diselaraskan dengan Kurikulum Kampus Merdeka untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jambi dimana wadah ini ke depannya  diharapkan mampu berperan sebagai Center of Digital Marketing Entrepreneurship di Provinsi Jambi.

 Lebih lanjut Mitra Penyelenggara FGD Digital Marketing UM Jambi, Susanto Arifin, S.Kom selaku Direktur PT. Ojienita Karya Eradigital (PT. OKE) Jambi merupakan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Digital yang berpayung pada Badan Nasional Sertifikasi Profesi Republik Indonesia (BNSP-RI) di Provinsi Jambi menjelaskan bahwa  Digital Marketing mengkombinasikan beberapa aspek secara terpadu antara lain aspek tekhnologi, Analisa, Konten dan Proses Pemasaran yang dilaksanakan secara digital dengan demikian dalam penerapannya akan membuka peluang kolaborasi dan sinergi dari berbagai pihak.

Kegiatan FGD Digital Marketing ini merupakan rangkaian kegiatan Pelatihan dan  Assesmen Sertifikasi Profesi Digital Marketing yang telah dilaksanakan dari Tanggal 3 sd 5 Februari 2020 di Kampus I Universitas Muhammadiyah Jambi Jalan Pattimura Kecamatan Simpang IV Sipin Kota Jambi. Kegiatan ini diikuti oleh 8 oramg Dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Jambi dan 3 orang dari profesional institusi lain, kegiatan Pelatihan dan Assesment Digital Marketing UM Jambi dilaksanakan oleh  Pusat Kajian Manajemen dan Bisnis (PKMB) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan Career Center Universitas Muhammadiyah Jambi.

Ditempat terpisah Rektor UM Jambi mengatakan bahwa “ Kegiatan FGD ini adalah hal Positif yang dapat meningkatkan kapasistas tenaga pengajar di UM Jambi, saya berharap kedepannya lebih banyak lagi Instansi-intansi, baik negeri maupun swasta yang menjadikan UM Jambi sebagai Mitra Strategis dalam pengembangan SDM ataupun pengembangan lainya yang bersifat positif.