UM Jambi Gelar Wisuda ke-3

Universitas Muhammadiyah Jambi menggelar sidang Senat terbuka yang ditandai dengan prosesi wisuda terhadap mahasiswa dan mahasiswi UM Jambi sebanyak 498 wisudawan dan wisudawati. Acara yang berlangsung di ballroom Abadi Convention Center pada hari Rabu, 16 Februari 2022. Acara yang berlangsung dengan Protokol Kesehatan ketat ini dihadiri oleh Gubernur Jambi yang di wakili oleh Sekda Jambi H ,Sudirman ,S H,. Juga hadir Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah ( secara daring), Kepala LLDIKTI Wilayah X Sumatra,Riau,Jambi dan Kep. Riau. Badan Pembina Harian (BPH)UM Jambi,Ketua Aptisi Wilayah XC, Menko Ir,H,Airlangga Hartanto,MBA,MMT (secara daring), Civitas Akademika UM Jambi juga para wisudawan dan wisudawati.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah atas segala nikmat-Nya yang telah kita rasakan, karena atas berkat rahmat-Nya pada hari ini kita dapat menghadiri rapat Senat terbuka Universitas Muhammadiyah Jambi dalam rangka Wisuda Angkatan III Tahun 2022. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada junjungan Nabi kita Muhammad SAW penutup sekalian nabi dan rasul, dan juga kepada keluarga, sahabat,serta pengikut-pengikut setia beliau hingga akhir zaman.Wisuda Sarjana Universitas Muhammadiyah Jambi periode ini mempunyai makna yang sangat berarti karena masih dilaksanakan dalam kondisi pandemi Covid 19 varian Omicron yang masih mewabah, untuk itu mari kita sama-sama berdoa semoga wabah ini cepat berlalu dan terbebaskan dari negeri yang kita cintai ini. Oleh karenanya dalam pelaksanaan wisuda kali ini kita tetap disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi kelancaran pelaksanaan wisuda ini. Kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada orang tua atau pendamping wisudawan atas keterbatasan jumlah undangan untuk menghadiri acara wisuda putra putrinya pada kali ini. Pada kesempatan ini Rektor atas nama civitas akademika Universitas Muhammadiyah Jambi mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubenur Provinsi Jambi, Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dan Bapak Ketua LLDIKTI Wilayah X, yang berkenan hadir dan memberikan sambutannya nanti dalam wisuda ke III UM-Jambi kali ini.

Universitas Muhammadiyah Jambi terus berupaya untuk berkembang dan memacu diri sebagai sebuah PTS yang menjadi kebanggan masyarakat Jambi, dengan motto yaitu Profesional, Entrepreneur dan Islami. Diusia Universitas Muhammadiyah Jambi yang baru mau menginjak usia 3 tahun, perkenankan saya menyampaikan perkembangan kinerja UM-Jambi dalam aspek akademik, kemahasiswaan dan perkembangan pembangunan infrastruktur kampus UM-Jambi. Dalam hal peningkatan sumber daya manusia, saat ini UM-Jambi telah memiliki 11 orang doktor, dengan jumlah dosen tetap sebanyak 71 orang, 15 orang sedang melanjutkan studi lanjut S-3 diberbagai perguruan tinggi di Indonesia. Sedangkan dosen tidak tetap sebanyak 28 orang yang terdiri dari para praktisi dan berkompeten dibidangnya. Dari 71 dosen tetap tersebut 95,38% telah memiliki jabatan fungsional dosen dan Alhamdulillah hingga tahun ini jumlah dosen yang telah lulus sertifikasi dosen sebanyak 54,38%. Disamping itu dalam menunjang proses perkuliahan UM-Jambi memiliki tenaga kependidikan yang profesional dan juga didukung oleh berbagai fasilitas laboratorium, galeri dan perpustakaan yang lengkap. Dalam bidang penelitian beberapa dosen telah berhasil memperoleh Hibah penelitian dan pengabdian dari Kemristekdikti Republik Indonesia. Selain itu dosen UM-Jambi juga diberikan dukungan untuk melakukan penelitian dan pengabdian yang dibiayai oleh kampus UM-Jambi. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami juga menyampaikan dalam bidang pengabdian pada masyarakat, UM-Jambi telah melakukan kerjasama pengabdian dengan berbagai pihak diantaranya Kementerian Sosial RI melalui Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) LPPM Universitas Muhammadiyah Jambi dan menjadi IBT Perguruan Tinggi swasta di Sumatera dan satu-satunya PTM di Indonesia yang mendapat kesempatan kerjasama dalam kegiatan Program Kewirausahaan Sosial (PROKUS) pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kota Jambi. Dalam bidang penerbitan, UM-Jambi telah memiliki unit penerbitan yang bernama UM-Jambi Press dan Alhamdulillah sebagian para dosen telah berhasil menerbitkan buku yang berISBN dan telah di HAKI-kan. Dalam bidang Al-Islam Kemuhammadiyahan, UM-Jambi telah melaksanakan kegiatan Baitul Arqam dan pengajian rutin dilaksanakan setiap hari sabtu subuh untuk dosen dan Tenaga Kependidikan serta Darul Arqam untuk Mahasiswa. Dalam menerapkan Al-Islam kemuhammadiyahan kampus UM-Jambi merupakan kampus kawasan bebas rokok.

Menko Ir,H,Airlangga Hartanto,MBA,MMT dalam paparannya mengucapkan selamat kepada UM Jambi yang menggelar sidang Senat terbuka dan selamat kepada wisudawan dan wisudawati, selain itu beliau menambahkan bahwa wisudawan dan wisudawati harus menjadi insan yang berintegritas, amanah.