skip to Main Content

Jambi- Pengenalan bahasa Inggris sejak awal didasari oleh suatu konsep pedagogis bahwa semakin dini usia seseorang diperkenalkan dengan bahasa target, semakin cepat dan semakin bagus penguasaan dan pemerolehan anak terhadap bahasa yang dipelajari. Hal inilah yang disampaikan Rektor Universitas Muhammadiyah Jambi Dr. Nurdin, SE., ME, dalam sambutannya menghadiri monitoring kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dan Persyarikatan di TK Asyiyah Kota Jambi.

Kegiatan pengabdian ini di danai dari Hibah Riset Muhammadiyah Batch VI oleh Majelis DIKTILITBANG Muhammadiyah dengan skema pengabdian kepada masyarakat. Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Dr. Yahfenel Evi Fussalam, M.Pd bersama anggota Dr. Ermaini, SE, MM, menyampaikan bahwa mereka mengusung tema pengabdian ”Integrasi Youtube dalam Program Sitoga (Sing, Story, And Games) bagi Guru TK Aisyiyah Kota Jambi” dengan menjalin kolaborasi bersama beberapa Mahasiswa program studi manajemen.

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat dan Persyarikatan ini telah berlangsung selama 3 bulan sejak Januari sampai Maret 2023 dengan sasarannya guru, siswa, orang tua dan perwakilan pengurus Yayasan TK Aisyiyah Kota Jambi. Pengurus Yayasan, Hj. Zuraida Akur sangat mengapresiasi Pimpinan, Dosen dan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah yang telah memberikan perhatian khusus bagi TK Asyiyah. Beliau juga berharap kegiatan sejenis dapat berrlanjut karena melalui kegiatan ini berbagai sumber bahan ajar, pembuatan bahan ajar serta metode/teknik penerapannya ditampilkan sehingga sangat membantu pengenalan pembelajaran bahasa Inggris pada anak-anak.

Dompak positif kegiatan ini dirasakan oleh peserta pelatihan ini. Hasil wawancara dengan salah satu perwakilan orang tua menunjukkan bahwa hasil belajar anak-anak mengalami perubahan mulai dari hasil belajar afektif/tingkah laku anak sejak usia dini termasuk kecerdasan social emosional setelah mengikuti kegiatan pengabdian ini. Para orang tua juga merasa terbantu dalam mempersiapkan keterampilan anak dalam berbahasa asing dan penguasaaan teknologi melalui penggunaan youtube.

Ketua Tim Pengabdian juga mengucapkan terimakasih kepada LPPM Universitas Muhammadiyah Jambi yang membantu kesuksesan acara ini sehingga indikator keberhasilan dalam kegiatan pengabdian dapat terlihat melalui kemampuan guru dalam  memilih dan menggunakan sumber materi pembelajaran, peningkatan kemampuan TIK, dan pengalaman belajar bahasa Inggris yang interaktif dan menyenangkan.

-Humas UM Jambi-

Loading


Back To Top