Lambang dan Logo

Lambang UM Jambi tersusun atas:

  1. Gambar matahari bersinar
  2. Kata “Muhammadiyah” bertuliskan huruf Arab
  3. Dua kalimat syahadat bertuliskan huruf Arab
  4. Lukisan padi dan kapas
  5. Tulisan “Universitas Muhammadiyah Jambi”
  6. Lima kelopak bunga yang melingkar

Makna dari lambang UM Jambi sebagaimana adalah :

  1. Matahari menggambarkan dinamika, daya hidup, vitalitas dan kemanfaatan bagi lingkungan.
  2. Tulisan Muhammadiyah dalam tulisan Arab adalah nama persyarikatan.
  3. Dua kalimat syahadat dalam tulisan Arab bermakna bahwa persyarikatan berusaha memancarkan cahaya ketauhidan yang meyakini bahwa tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah.
  4. Lukisan padi berjumlah 19 butir dan kapas 12 kuntum menggambarkan tahun berdirinya persyarikatan,sekaligus lambing kemakmuran dan kesejahteraan yang menjadi cita-cita bangsa Indonesia. Lambang ini juga berarti bahwa UM Jambi mendidik tenaga ahli dibidangnya yang berguna bagi kesejahteraan umat,bangsa dan negara.
  5. Tulisan “Universitas Muhammadiyah Jambi” memberikan arti perguruan tinggi
  6. Muhammadiyah yang berada di Kota Jambi.
  7. Lima kelopak bunga melingkar melambangkan keteguhan UM Jambi untuk menegakkan rukun Islam. Selain itu, kelopak bunga melambangkan Pancasila sebagai dasar falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Lambang tersebut melatarbelakangi gambar matahari yang dilingkari padi dan kapas. Diantara lima kelopak bunga dan gambar padi dan kapas tertulis secara melingkar Universitas Muhammadiyah Jambi.
  8. Lambang Muhammadiyah dijadikan inti lambing UM Jambi terkandung maksud bahwa UM Jambi merupakan amal usaha Muhammadiyah, sehingga segala gerak dan aktivitas yang dilakukan harus selaras dengan khitah, keyakinan, dan cita-cita hidup Muhammadiyah.
  9. Seluruh lambing berada diatas dasar warna hijau, lambing dari harmoni, produktifitas dan kedamaian. Diharapkan lulusan UM Jambi mampu membawa kemakmuran dan kedamaian.