Optimalkan Kinerja SDM, Universitas Muhammadiyah Jambi Adakan Pelatihan Bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan

Jambi – Sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan kinerja Sumber Daya Manusia (SDM), Universitas Muhammadiyah Jambi mengadakan kegiatan pelatihan yang berkaitan dengan Komunikasi dan Service Excellent bagi Tenaga Kependidikan (Tendik)  , Teknisi dalam pengisian SISTER, JAFUNG dan Jurnal Internasional bagi Dosen. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 5 – 7 September 2022 di Kampus Universitas Muhammadiyah Jambi.

Kegiatan pelatihan dihadiri oleh Sekretaris Badan Pembina Harian, Ir. Akhmat Jumaedi, S.P , Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Irmanelly, S.E., M.E, Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan Kepegawaian, Dr. Indria Mayesti S.E., M.E, Ketua Pelaksana Kegiatan, Rika Neldawaty, S.Ak., M.S., A.k., C.A, Endah Tri Kurniasih, S.IP., Dr. Hetty Rohayani, ST., M.Kom, M.M, Andika Berry sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Irmanelly menyampaikan adanya kegiatan pelatihan ini sebagai bentuk pengembangan diri bagi tendik dalam memberikan pelayanan yang optimal baik internal maupun eksternal.

“Kegiatan ini sangat penting sekali untuk diikuti, khususnya bagi tendik dalam memberikan pelayanan publik yang responsif, transparansi dan akuntabel. Tentu dengan pelatihan ini dapat mengoptimalkan kinerja kita pada bidang pelayanan internal maupun eksternal.” Ujar beliau

Selain itu, pelatihan yang diperuntukkan bagi dosen bekaitan dengan publikasi jurnal internasional, pengisian akun SISTER dan pengisian Pengisian Angka Kredit Online yang nantinya digunakan sebagai upaya untuk peningkatan jabatan fungsional bagi dosen kedepannya, tambah Irmanelly.

Pada kegiatan pelatihan hari ketiga, dilaksanakan di Aula UM Jambi yang dipandu oleh Wakil Rektor II. Kegiatan pelatihan berfokus pada  “Teamwork” bagi Dosen dan Tendik. Mayesti menyampaikan dalam materinya bahwa dalam sebuah tim perlu untuk saling koordinasi dan berkolaborasi untuk menciptakan sebuah ide atau mewujudkan suatu capaian.

“Kerja sama tim yang baik perlu adanya berkoordinasi dan saling berkolaborasi, untuk mencapai tujuan bersama. Bisa juga dari kerja sama yang baik dapat memunculkan ide-ide cemerlang yang diyakini dapat mencapai goals dari tim tersebut.” Tuturnya

Mayesti berharap dengan adanya pelatihan ini dapat menunjukkan dedikasinya baik dosen maupun tendik dalam ranah kerja.

Diakhir kegiatan pelatihan, semua peserta pelatihan Dosen dan Tendik mengikuti instruksi dan arahan Wakil Rektor II, Mayesti memberikan tantangan kepada peserta secara berkelompok dan mengaplikasikannya melalui sebuah games untuk melihat kekompakan dan kerja sama tim, hasil dari pemaparan materi yang telah disampaikan. – Humas UM Jambi –