skip to Main Content

Jambi – Universitas Muhammadiyah Jambi (UM Jambi) terus melakukan upgrading dalam pengembangan sumber daya manusia di lingkungannya. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dosen di lingkungan UM Jambi melaksanakan kompetisi proposal untuk mendapatkan hibah penelitian percepatan guru besar.

Program Percepatan Guru Besar, UM Jambi berikan dana sebesar 35 juta rupiah kepada tim dan judul penelitian dosen yang berhasil lolos pada program yang dimaksud dan rencana nya program ini akan dilaksanakan setiap tahun.

Pelaksanaan kompetisi proposal merupakan langkah konkret dalam meningkatkan kualifikasi dan reputasi akademis kampus. Rektor UM Jambi, Hendra Kurniawan, S. Si., M. Si menyatakan bahwa kebijakan ini diambil untuk memberikan dukungan kepada segenap dosen UM Jambi dalam percepatan guru besar.

“Hibah penelitian dalam kompetisi proposal ini diharapkan dapat mendorong para dosen untuk mengembangkan diri dan mencapai tingkat keilmuan yang sesuai dengan standar guru besar. Sehingga, kita dapat memiliki tenaga pengajar yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional,” ujarnya

Pemberian hibah penelitian sebesar 35 juta rupiah per tim dosen disalurkan melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UM Jambi. Pada proses seleksi kompetisi proposal percepatan guru besar, UM Jambi menunjuk langsung reviewer penilaian dari luar. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Prima Audia Daniel, S. E., M. E selaku Kepala LPPM UM Jambi.

“Proses seleksi yang ketat sehingga terpilih 5 tim dari UM Jambi ini, kami menunjuk langsung reviewer luar. Bukan dari UM Jambi. Tujuannya agar tidak terjadi konflik kepentingan serta untuk meningkatkan kualitas proposal yang lolos dan serta memperoleh hibah penelitian percepatan guru besar” tuturnya

Kepala LPPM juga menambahkan luaran dari penelitian yg akan dilakukan oleh penerima hibah percepatan Guru Besar adalah artikel yg diterbitkan pada jurnal ilmiah internasional terindeks Scopus.

Berikut adalah nama-nama anggota tim yang lolos dalam kompetisi proposal percepatan guru besar dari masing-masing kelompok:
Tim 1 (Ketua: Dr. Ahmad Soleh, S.E., M.E)
Anggota: Dr. Irmanelly, S.E., M.E.
Anggota: Yunie Rahayu, S.E., M.E.
Tim 2 (Ketua: Dr. Iwan Eka Putra, S.E., M.M)
Anggota: Dr. Ermaini, S.E., M.M
Anggota: Etik Winarni, S.E., M.Ec.Dev
Tim 3 (Ketua: Dr. Hetty Rohayani, S.T., M.Kom)
Anggota: Saleh Yaakub, S.Kom., M.S.I
Anggota: Noneng Marthiawati H, S.Kom., M.S.I
Tim 4 (Ketua: Dr. Faradilla Herlin, S.E., M.Si)
Anggota: Hasan Basri, S.E., M.Si
Anggota: Endah Tri Kurniasih, S.IP., M.M
Tim 5 (Ketua: Dr. Adi Putra, S.P., M.E)
Anggota: Dr. Nurdin, S.E., M.E
Anggota: Yorina An’guna Bansa, S.Pd., M.Pd

Dalam seremonial yang dilaksanakan oleh Kepala LPPM UM Jambi dan turut dihadiri oleh Rektor beserta Wakil Rektor I pada Sabtu, (06/01) di Ruang Rektorat UM Jambi, Dr. Irmanelly,. S. E., M. E menyampaikan para kompetisi proposal penelitian dan telah diberikan dana sebesar 35 juta rupiah diharapkan dapat menggunakan dana tersebut secara efektif untuk penelitian dan pengembangan keilmuan yang dapat mendukung pencapaian gelar guru besar dan menegaskan pentingnya peran dosen dalam mencetak generasi yang berkualitas dan berkompeten.

Irmanelly juga menambahkan para dosen serta tim judul penelitian yang berhasil lolos ini nantinya akan melibatkan mahasiswa dan mahasiswi UM Jambi dan turut berproses di dalamnya.

Program ini tidak hanya diharapkan mendorong pertumbuhan jumlah guru besar di UM Jambi, tetapi juga meningkatkan prestasi dan kontribusi kampus dalam dunia pendidikan tinggi di Indonesia. – Humas UM Jambi –

Loading


Back To Top