UM Jambi Turut Serta Meriahkan Festival Kenduri Swarnabhumi Dalam Parade Tengkuluk

Jambi – Dalam rangka mengakftifkan kembali kebudayaan-kebudayaan akuatik yang menjadi ciri khas Jambi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) bersama 14 pemerintah daerah menginisiasi kegiatan Kenduri Swarnbhumi. Kenduri Swarnabhumi mengangkat tema : Batanghari dulu, Kini dan Nanti. Salah satu rangkaian kegiatan Kenduri Swarnabhumi yakni Parade Tengkuluk.

Dalam rangkaian kegiatan festival Kenduri, UM Jambi ikut serta dalam Parade Tengkuluk untuk memperagakan kearifan lokal budaya Jambi. Kegiatan dilaksanakan di Jembatan Gentala Arasy, pada Kamis, (22/9) diikuti oleh 60 kelompok yang berjumlah 10 orang. UM Jambi berada pada nomor urut 35 diikutsertakan sebanyak 6 orang Mahasiswa dan 4 orang Tenaga Kependidikan dan didampingi oleh Kabiro Humas dan Protokoler, Lisa haryani dan Tim Humas.

Rektor Universitas Muhammadiyah Jambi, Dr. Nurdin memberikan dukungan dan semangat kepada peserta yang ikut lomba parade tengkuluk.

“Pesan saya semangat untuk para peserta yang ikut lomba, jangan khawatir apabila tidak menang. Dengan ikut serta dalam parade tengkuluk ini merupakan bentuk dukungan dari kita untuk menujukkan suatu budaya kearifan lokal dan agar terus dikenal dengan masyarakat Jambi.” Tuturnya

Dalam rangkaian Parade Tengkuluk, para peserta mengenakan jenis tengkuluk yang telah ditentukan yakni Tengkuluk Daun Sirih, Tengkuluk Kerinci Mudik, Tengkuluk Padada, Tengkuluk Bai-Bai Samping dan Tengkuluk Swaso.

Kabiro Humas dan protokoler, Lisa Haryani memaparkan titik awal mulai peragakan Parade Tengkuluk berikut penilaian dan pemberian hormat kepada Ibu Hesti Al-Haris (Ibu Gubernur Jambi).

“Nantinya para peserta berjalan dari Museum Gentala, lalu diberi penilaian tentang kerapian dan ketentuan pemakaian tengkuluk yang benar dan  berakhir di ujung Jembatan Gentala Arasy ditutup dengan pemberian hormat kepada Ibu Gubernur Jambi.” Tutupnya. – Humas UM Jambi –