Tingkatkan Wawasan Bermuhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Jambi Gelar Baitul Arqam Se-Provinsi Jambi

Jambi – Dalam rangka Pembinaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Universitas Muhammadiyah Jambi menggelar kegiatan Baitul Arqam (BA) selama 3 hari yakni pada tanggal 29 – 31 Agustus 2022 yang dilakukan secara luring di Kampus Universitas Muhammadiyah Jambi.

BA kali ini mengangkat tema “Reaktulisasi Semangat Spiritualitas dan Tajdid dalam Pengembangan Dakwah Muhammadiyah di Era Desruptif”. Dengan tujuan diharapkan para peserta memiliki kesatuan sikap, integritas, wawasan dan cara berpikir dalam memahami dan melaksanakan misi muhammadiyah. Serta memiliki pemahaman terhadap ideologi gerakan muhammadiyah.

Kegiatan BA dibuka secara resmi oleh Perwakilan Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Dr. Muhammad Mutaqin, M.Pd yang dilaksanakan pada Senin (29/8) di Auditorium Universitas Muhammadiyah Jambi. Selain itu pembukaan BA turut dihadiri oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah & Aisyiyah serta Ortom di Lingkungan Wilayah Provinsi Jambi dan juga Badan Pembina Harian UM Jambi.

Rektor Universitas Muhammadiyah Jambi sebagai tuan rumah dalam sambutannya menyampaikan bahwa diharapkan dengan adanya kegiatan ini para peserta dapat mewariskan nilai keislaman bermuhammadiyah.

“Harapan saya dengan terlaksananya kegiatan BA ini para peserta dapat menjadi kader-kader muhammadiyah yang paripurna, mewujudkan masyarakat islam yang sebenar-benarnya dengan mewariskan nilai-nilai muhammadiyah.” Tutur beliau.

Para peserta Baitul Arqam tahun ini ialah Pimpinan Dosen dan Tenaga Kependidikan Universitas Muhammadiyah Jambi, serta PDM dan PDA Se-Provinsi Jambi. Master Of Training (MOT) pada pelaksanaan BA yakni Dr. H. Ari Ashori, M.A merupakan Ketua Majelis Pendidikan Kader PP Muhammadiyah yang nantinya akan mengisi materi pada seluruh rangkaian kegiatan.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta akan melaksanakan rangkaian acara berupa Orientasi, Kontrak Belajar, Pre-Test, materi BA meliputi ; Institusional dan Internalisasi AIK, Muqaddimah dan AD Muhammadiyah, Manhaj Tarjih, Tuntunan Ibadah, Ibadah Mahdhah dan Naflah, Profil Kader dan Tokoh-tokoh Muhammadiyah, Manajemen Organisasi dan Akhlak, Mengelola AUM, dan Peneguhan Ideologi Muhammadiyah.

Perwakilan Ketua Majelisdikti Dr. Mutaqin juga menyampaikan dalam sambutannya bahwa tujuan diselenggarakannya BA ini dapat memperoleh nilai serta spiritualitas sesuai ideologi Muhammadiyah.

“Tujuan diadakannya kegiatan BA ini agar kita semua yang telah menjadi bagian dari keluarga Muhammadiyah dapat memperoleh pilar yang tinggi serta spiritualitas sesuai ideologi Muhammadiyah dengan pemahaman bermuhammadiyah serta memiliki kesamaan visi dan semangat agar kita semua tetap rukun dan menjadi lebih optimis di era desruptif ini.” Ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panita pelaksana BA, Budianto, S.Ag., M.Pd.I menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan BA ini dengan lancar dan sukses di Kampus Universitas Muhammadiyah Jambi.

“Saya beserta seluruh panitia mengucapkan terima kasih khususnya kepada Rektor beserta jajaran yang turut andil dalam mensukseskan kegiatan BA selama 3 hari ini di Kampus Universitas Muhammadiyah Jambi. Semoga dengan adanya kegiatan BA ini kita semua dapat menyiapkan kader-kader yang baik untuk Muhammadiyah yang lebih baik kedepan nya.” tutup Budianto.