Perkuat Kerjasama UM Jambi bersama Yayasan Pundi Sumatera Gelar Silaturahim


UM Jambi- Universitas Muhammadiyah Jambi bersama yayasan Pundi Sumatera menggelar acara silaturahim yang berlangsung pada hari Senin 13 Juni 2022 bertempat di ruang rapat Rektor UM Jambi. Acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB dihadiri langsung oleh Rektor UM Jambi Dr. Nurdin S.E,.M.E, Wakil Rektor I Dr. Irmanelly, Wakil Rektor II Dr. Indria Mayesti, Yorina Angguna, Haryo Tantomo, Hendra Kurniawan sedangkan dari pihak yayasan Pundi Sumatera di wakili oleh Dewi yunita widiarti (direktur program) dan Dewi Surya Armayani.

UM Jambi dan Yayasan Pundi Sumatera pada sebelumnya telah melakukan MoU dan MoA dalam beberapa bidang kegiatan. Salah satu bentuk kerjasama itu adalah UM Jambi memberikan beasiswa untuk dua Suku Anak Dalam agar dapat melanjutkan jenjang pendidikan sarjana di prodi Kehutanan UM Jambi. Saat ini sudah ada dua Suku Anak Dalam yang menjadi bagian dari UM Jambi dan salah satu dari mereka bahkan diterima menjadi anggota kepolisian di POLDA Jambi.

Dewi yunita widiarti selaku direktur program Yayasan Pundi Sumatra menyebutkan bahwa kami sudah ber-MoU dengan UM Jambi dalam beberapa kegiatan dan dari MoU tersebut perwakilan mahasiswa dalam prodi terkait, untuk ikut dalam agenda training yang akan pundi selenggarakan dengan tujuan meningkatkan partisipasi generasi muda dalam kegiatan kampanye pada isu konservasi dan penyelamatan satwa liar. Pasca mengikuti training, yang bersangkutan juga akan di fasilitasi untuk terjun ke lapangan agar dapat melihat langsung kegiatan-kegiatan konservasi dan perlindungan satwa yang telah mitra kami lakukan.

Pada tahun 2023 mendatang, pundi bermaksud melibatkan Tim UM Jambi untuk melakukan study pemberdayaan SAD di wilayah lintas, sebagai salah satu bahan referensi/rekomendasi dalam melengkapi penyusunan dokumen pemberdayaan SAD wilayah lintas Sumatra

Melalui program pemberdayaan SAD yang Pundi Sumatra lakukan, berharap ada kolaborasi dengan UM Jambi untuk penguatan kelembagaan ekonomi di komunitas sekaligus upaya peningkatan kualitas produk-produk olahan SAD

Rektor UM Jambi Dr. Nurdin S.E,,ME menegaskan bahwa kerjasama antara UM Jambi dengan Yayasan Pundi Sumatera adalah kerjasama strategis dalam bidang pengembangan sumber daya manusia. Hal ini sejalan dengan komitmen Universitas Muhammadiyah Jambi untuk ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. UM Jambi selalu berusaha untuk menjadi katalisator dalam berbagai hal termasuk dalam pemberdayaan Suku Anak Dalam. Suku Anak Dalam berhak memperoleh pendidikan dan berhak untuk mengembangkan peradaban yang sesuai dengan adat istiadat mereka, dengan pendidikanlah sebuah peradapan dapat melesat maju.