Sidang Pleno I Muktamar Ke-48 Muhammadiyah – ‘Aisyiyah Digelar Secara Hybrid, PWM Provinsi Jambi Pusatkan di UM Jambi

Jambi – Muhammadiyah-‘Aisyiyah resmi menyelenggarakan Sidang Pleno I Muktamar ke-48 di Surakarta. Muktamar periode ini sangat unik dilaksanakan, yakni  dilaksanakan secara hybrid atau kombinasi online dan offline. Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Khaedar Nasir, muhammadiyah telah berpengalaman dalam pelaksanaan secara hybrid ini.

“Hari ini kita melaksanakan persidangan secara hybrid, maka insyaAllah kita sudah beradaptasi dengan ini, pembahasan dan persidangan akan berjalan lancar. Kalaupun ada kesulitan hal itu bisa segera kita atasinya dengan baik. “ tuturnya saat membuka sidang pleno I

Tahapan pertama pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah-‘Aisyiyah secara online pada 5-6 November 2022; Muktamar Muhammadiyah pada 5 November 2022 sementara Muktamar ‘Aisyiyah pada 6 November 2022. Adapun tahap kedua pelaksanaan muktamar secara offline yang akan berlangsung pada 19-20 November 2022.

Menurut Abdul Mu’ti selaku Sekretaris Umum PP Muhammadiyah menyampaikan penyelanggaraan muktamar secara online dan offline ini baru pertama kali dilakukan oleh PP Muhammadiyah dan PP ‘Aisyiyah. Di luar situasi pandemi, imbuh Abdul Mu’ti, muktamar biasanya diselenggarakan empat hari. Namun mempertimbangkan bahwa Indonesia masih dalam suasana pandemi maka Muktamar dilaksanakan dalam dua tahap, satu hari online dan dua hari secara offline.

Muhammadiyah menghindari kerumunan jumlah besar dalam waktu lama. “Pandemi ini baru melandai dan belum usai maka kita jangan abai. Oleh karena itu, Muktamar diusahakan mmenuhi protokol kesehatan,” terangnya.

Adapun materi Muktamar Muhammadiyah terdiri atas Laporan Pimpinan Pusat Muhammadiyah 2015-2022, Program Muhammadiyah Periode 2022-2027, Risalah Islam Berkemajuan, dan Isu-isu Strategis Keumatan, Kebangsaan dan Kemanusiaan Universal yang telah dikirim ke peserta muktamar.

PWM Provinsi Jambi ikut hadir pada Muktamar secara online yang dipusatkan di Auditorium Universitas Muhammadiyah Jambi (UM Jambi) yang dihadiri sebanyak 25 peserta dari Jambi sedangkan dari daerah melalui zoom meeting masing-masing. – Humas UM Jambi –