Generasi Alpa dan Kualitas Siaran TV: Kuliah Umum KPI di Universitas Muhammadiyah Jambi

Jambi – Universitas Muhammadiyah Jambi menjadi tuan rumah dalam acara kuliah umum dengan tema “Diseminasi Indeks Kualitas Program Siaran TV (IKPSTV) Periode II Tahun 2023: Dilema Kepentingan Industri atau Kualitas Penyiaran Bersama Generasi Alpa” yang diselenggarakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia pada Jum’at, (17/5) di Auditorium Universitas Muhammadiyah Jambi.

Kuliah umum ini bertujuan untuk membahas bagaimana KPI mengawasi setiap program-program yang ditayangkan baik program TV maupun Radio agar tayangan tersebut semakin baik dan berkualitas juga membahasa  Indeks Kualitas Program Siaran TV Periode II Tahun 2023 yang telah dirilis oleh KPI. Indeks ini merupakan alat ukur untuk menilai kualitas program siaran televisi di Indonesia, dengan fokus pada bagaimana program-program tersebut memenuhi standar penyiaran yang baik dan mendidik masyarakat.

Acara ini dihadiri langsung oleh Koordinator Bidang Kelembagaan KPI Pusat, I Made Sunarsa, Komisoner Kelembagaan KPI Pusat, Amin Shabana dan Mimah Susanti, Rektor Universitas Muhammadiyah Jambi, Hendra Kurniawan, S.Si., M.Si,  Para Narasumber yang hadir yakni Ketua KPID Jambi, Asriyadi, S.Sos, I., M.Ag, Bidang Akademisi Universitas Muhammadiyah Jambi Dr. Agesha Marsyaf, S.I.Kom., M.M, Pimpinan Perusahaan Jambi TV, David Mursal dan mahasiswa-mahasiswi Universitas Muhammadiyah Jambi yang sangat antusias dalam kuliah umum yang dilaksanakan pada pukul 9 pagi tadi.

I Made Sunarsa menyampaikan dalam sambutannya bahwa kuliah umum sangat penting sekali untuk dipaparkan kepada generasi alpa, generasi yang lahir pada era digital dan hadir ketika banyak media baru. Tentu hal ini menjadi tantangan untuk KPI dalam menjaga keseimbangan antara kepentingan industri penyiaran dan kualitas konten yang disiarkan.

“Generasi ini memiliki karakteristik unik dalam mengakses informasi dan hiburan, yang berdampak pada preferensi mereka terhadap program siaran TV. Kita harus memahami bagaimana generasi muda ini mengonsumsi media dan bagaimana kita bisa menyajikan konten yang relevan dan bermanfaat bagi mereka ditambah dengan gempuran media baru yang diluar kontrol KPI untuk siaran yang ditayangkan, dan didiskusikan bersama oleh para narasumber yang telah hadir.” ujarnya.

Diskusi dalam kuliah umum ini diwarnai dengan berbagai pemaparan dari masing-masing narasumber yang hadir tentunya dengan tujuan agar generasi alpa saat ini dapat memilih dan memilah siaran yang layak untuk di konsumsi juga mengetahui bagaimana terjadinya pelanggaran dalam siaran TV.

Rektor Universitas Muhammadiyah Jambi, Hendra Kurniawan, S.Si., M.Si dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran KPI dengan menghadirkan kuliah umum yang penuh wawasan ini kepada mahasiswa-mahsiswi yang saat ini sudah sangat melek digital dan kedepannya setelah dari kuliah umum ini diharapkan semakin cerdas dalam memilih siaran televisi dan juga bijak menggunakan media baru. “Kami sangat mendukung kegiatan yang dapat membuka wawasan mahasiswa mengenai pentingnya kualitas dalam penyiaran. Semoga ilmu yang didapat hari ini kita semakin cerdas dan tanggap dalam memilih siaran dan mengkonsumsi media digital baru”. Tuturnya.

Kuliah umum ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya program siaran TV yang berkualitas dan menjadi langkah awal dalam meningkatkan mutu penyiaran di Indonesia. –Humas UM Jambi/HS

Leave a Reply