skip to Main Content

JAMBI – Mahasiswa Program Studi Kehutanan Universitas Muhammadiyah Jambi (UM Jambi) telah menjalani Praktikum Lapangan yang berharga di PT. Wira Karya Sakti (WKS) Nursery Center di Sungai Tapah pada tanggal 30 Agustus. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan dan pemahaman praktis para mahasiswa tentang plant nursery.

Praktikum lapangan ini melibatkan sejumlah mahasiswa yang sedang mengejar gelar Sarjana Kehutanan di UM Jambi. Mereka mendapat bimbingan dari dosen-dosen berpengalaman dalam mengelola perkebunan dan plant nursery. PT. Wirakarya Sakti, perusahaan yang bergerak di bidang kehutanan dan pengelolaan tanaman, memberikan akses kepada mahasiswa untuk memahami proses praktis di lapangan.

Kegiatan Praktikum Lapangan ini turut dihadiri oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Jambi, Bapak Hendra Kurniawan, S. Si., M. Si., bersama tim dari Biro Humas Universitas yang dipimpin oleh Ibu Lisa Haryani, S. P, serta Kepala Program Studi Kehutanan, Ibu Citra Rahmatia, S. Hut., M. Si. Delapan mahasiswa dari UM Jambi juga turut serta dalam praktikum ini. Dari pihak PT. WKS, Rektor UM Jambi didampingi oleh Bapak Gianto yang bertanggung jawab dalam bidang Health, Safety, dan Environment (HSE), serta Bapak Sujono yang mengelola operasi Nursery.

Selama praktikum, mahasiswa diberikan kesempatan untuk memahami berbagai aspek terkait plant nursery yakni; Persemaian dan Pemilihan Benih, Perawatan dan pengelolaan tanaman, transplantasi dan pemindahan, pemantauan dan pertumbuhan, manajemen sumber daya.

Bapak Sujono, perwakilan dari PT. WKS, menjelaskan bahwa perusahaan ini menggunakan dua teknik perbanyakan tanaman, yaitu generatif dan vegetatif.

“Mereka memproduksi berbagai jenis tanaman, seperti Eucalyptus Pelita dan Acacia Mangium, dengan cara generatif melalui biji dan buah, serta vegetatif melalui stek dan okulasi yang dilakukan dengan mesin. Setiap bulan, nursery center ini mampu menghasilkan sekitar 9 juta bibit tanaman yang akan didistribusikan ke berbagai distrik oleh PT. WKS” tuturnya

Rektor UM Jambi, Hendra Kurniawan, S. Si., M. Si., menekankan pentingnya kolaborasi antara perguruan tinggi dan industri untuk memperkaya pengalaman praktis mahasiswa. Ia berharap bahwa kegiatan ini akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang kehutanan dan memperkuat kerjasama antara perguruan tinggi dan industri di Jambi.

Para mahasiswa merasa sangat beruntung mendapatkan kesempatan ini dan berharap bahwa pengalaman praktikum di PT. Wira Karya Sakti akan membantu mereka mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk berperan dalam pelestarian hutan dan pengelolaan tanaman di masa depan. – Humas UM Jambi –

Loading


Back To Top