UM Jambi Terus Berbenah Menuju Kampus Unggul 2027

Universitas Muhammadiyah Jambi (UM Jambi) adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di Kota Jambi dan merupakan salah satu amal Usaha persyarikatan Muhammadiyah (AUM), ditambah pada juni 2023 kemarin UM Jambi memiliki nahkoda baru. Hendra Kurniawan S.Si.,M.Si ditunjuk Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagai Rektor UM Jambi periode 2023-2027. Walau belum genap satu tahun, Pria muda asal buluran ini, membuat beberapa terobosan baru untuk membawa UM Jambi naik kelas menjadi unggul. Terobosan terbarunya adalah Peluncuran kompetisi proposal percepatan guru besar bagi dosen UM Jambi pada tahun 2023 kemarin.

Diawal tahun 2024 UM Jambi mengumumkan 5 tim dosen yang lolos dan berhak mendapat bantuan sebesar 35 juta rupiah untuk melakukan penelitian dengan luaran wajib jurnal yang terindeks Scopus. Ini adalah sebagai ikhtiar kita untuk mengejar ketertinggalan UM Jambi dari kampus Muhammadiyah di Jawa sana, tutur Hendra.
“Ini adalah ikhtiar kita untuk menstimulus para dosen untuk bergerak lebih cepat dalam usaha-usaha menjadi guru besar. Kalau tidak di stimulus ya UM Jambi akan sangat tertinggal dari kampus Muhammadiyah lainnya”.

Rektor lulusan Universitas Indonesia ini termasuk sosok lelaki yang berpikir out of the box, cepat eksekusi. Betapa tidak, belum dilantik saja beliau sudah menginstruksikan kepada Kepala Bagian Sarana Prasarana untuk melakukan peremajaan sarana ruang belajar. Alhasil dalam waktu kurang dari satu bulan setelah menerima Surat Keputusan dari PP Muhammadiyah, ruang belajar UM Jambi menjadi lebih segar dengan di gantinya gorden dengan Vertical Blind, LCD proyektor beserta screen proyektor menjadi baru dan berfungsi dengan baik. “Rektor kita hari ini cepat eksekusi kalau ada problem, tidak mau menunggu tar sok (nanti/besok). Kalau tidak dijalankan kena tegur halus kita” Ujar Kabag Sarpras dan Rumah Tangga UM Jambi.

Pria yang sedang menyelesaikan studi Doktor di Universitas Andalas ini, selain berkarakter gesit, ternyata orang yang sangat komunikatif. Ini terbukti dengan adanya program rapat pekanan yang dilaksanakan setiap hari senin. Rapat yang membahas permasalahan dan membahas progress dari program-program yang akan dijalankan dalam satu tahun ke depan.
“sebenarnya maju-tidak sebuah lembaga ya harus diawali dengan komunikasi, semakin bagus komunikasi, Insya Allah progress kemajuan UM Jambi akan semakin cepat” Tutur Hendra saat bertemu tim Humas.

Di bawah gaya kepemimpinan beliau, UM Jambi sudah melakukan beberapa gebrakan seperti meluncurkan program beasiswa Kader Muhammadiyah dengan kuota 80 orang dan beasiswa bakti negeri sebanyak 50 orang, mahasiswa tidak lulus Program KIP-K tetap bisa kuliah dengan hanya membayar 1 juta rupiah untuk SPP agar bisa melanjutkan Pendidikan di UM Jambi.

Dalam kurun waktu kurang dari tujuh bulan, UM Jambi sudah meluncurkan beberapa sistem untuk mendukung UM Jambi Unggul tahun 2027, diantaranya:
Perpustakaan Digital Platform DIGIDO. Perpustakaan UM Jambi menggunakan Perpustakaan Digital Platform DIGIDO. Paltform Digido adalah Perpustakaan Digital berbasis Website sehingga penggunaannya lebih mudah diakses dan tidak menghabiskan memori gadget pengguna. pada tahun 2024 UM Jambi berhasil mendapat Hibah untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut.

SIPENMARU (Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru) adalah sistem penerimaan Mahasiswa baru secara Daring, yang mengedepankan efektivitas dan efisiensi tinggi bagi calon mahasiswa yang mendaftar di UM Jambi. Sistem ini memungkinkan calon mahasiswa mendaftar darimana saja dan kapan saja sesuai jadwal dan langsung dinobatkan menjadi mahasiswa dalam waktu 1 hari kerja. One Day Service (ODS) adalah sistem penerimaan mahasiswa baru secara Luring yang menawarkan efektivitas tinggi, yang memungkinkan calon mahasiswa mendaftar di UM Jambi bisa menjadi mahasiswa dalam waktu 1 hari kerja.

Sistem Penjamin Mutu UM Jambi hari ini menggunakan Quality Managemen Online (QUMON), QUMON sendiri adalah sistem berbasis web yang dapat digunakan untuk mendukung perguruan tinggi dalam menjalankan sistem penjamin mutu internal.

Peluncuran Sistem Pelayanan berbasis teknologi Informasi, ArjunaMU adalah Assisten Robot Jagoan Universitas Muhammadiyah. ArjunaMU menggunakan media sosial Whatsapp untuk untuk melakukan pelayanan dalam hal informasi terkait dengan UM Jambi.

Selain melakukan proses digitalisasi dalam setiap lini pelayanan di Internal kampus, UM Jambi juga berhasil berprestasi di luar kampus seperti menjadi tuan Rumah Entrepreneurship Award (EA) VIII Tahun 2024, EA merupakan program unggulan LLDIKTI Wilayah X dalam rangka mengapresiasikan implementasi kewirausahaan di kalangan mahasiswa, memberikan penghargaan terhadap pencapaian implementasi kewirausahaan bagi mahasiswa wirausaha muda yang telah melaksanakan usaha (Bisnis Berjalan) serta mahasiswa yang memiliki ide bisnis (Rencana Bisnis) yang Kreatif dan Inovatif, melalui serangkaian tahap penilaian/seleksi. Pada tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Jambi dipercaya menjadi tuan rumah bagi perhelatan akbar yang akan di hadiri oleh perwakilan perguruan tinggi swasta se-Indonesia.

Prestasi lain yang baru ini diperoleh adalah Universitas Muhammadiyah Jambi berhasil naik kelas ke Klaster Utama dalam klasterisasi perguruan tinggi tahun 2024. Hal ini menjadikan UM Jambi sebagai satu-satunya kampus swasta di Provinsi Jambi yang masuk dalam klaster tersebut. Klasterisasi perguruan tinggi merupakan upaya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mengukur kinerja perguruan tinggi dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Selain capaian-capaian di atas, UM Jambi masih akan terus berbenah menuju unggul dengan beberapa ikhtiar yang sedang dilakukan UM Jambi, diantaranya:Pengembangan Sistem keuangan yang memenuhi standar pelaporan keuangan PP Muhammadiyah yang kedepannya memungkinkan untuk Audit keuangan oleh Kantor Akuntan Publik. Hal ini dilakukan agar kedepannya UM Jambi lebih mantap dalam menyusun neraca keuangan.

Untuk menarik Mahasiswa Baru 2024, UM Jambi melakukan rasionalisasi biaya perkuliahan untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2024/2025. Hal ini dilakukan agar biaya pendidikan di UM Jambi dapat bersaing dengan kampus swasta lainnya di Jambi dan ini untuk mensiasati gempuran kampus negeri di Jambi. Selain itu UM Jambi juga membuka kelas kerjasama dan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) .

Dalam rangka memenuhi kebutuhan kampus, UM Jambi juga sedang berjuang mendapatkan hibah pembangunan klinik yang diperuntukkan bagi Civitas Academica UM Jambi dan juga masyarakat umum. Selain untuk Pendidikan, paling tidak UM Jambi dapat memberikan sumbangsih dalam dunia kesehatan.

Kami juga sedang menggodok role model Pendidikan Pondok Pesantren yang disinkronkan dengan pendidikan kampus di Rusunawa UM Jambi. Karena saat ini, bukan hanya ilmu pengetahuan yang harus dikejar tapi ilmu agama harus menjadi prioritas. Tentunya masih banyak pekerjaan rumah dan kekurangan dari semua yg telah dilakukan. Tutup rektor UM Jambi dalam mengakhiri diskusi Bersama tim HUMAS UM Jambi.

Leave a Reply